Tugas Akhir D3 Keperawatan

Assaamu’alaikum… semangat pagi, teman !!! 😊

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini. Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar Ahli Madya Keperawatan di Akademi Keperawatan Insan Husada Surakarta. Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak pada penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini tidaklah mudah bagi penulis. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada : bla bla bla… 😂😂😂

Intinya, disini aku mau upload file tugas akhir aku di bangku kuliah (D3 Keperawatan). Kebetulan waktu itu dapat jatah Keperawatan Anak, dan pas stase itu aku praktik di Rumah Sakit TK.IV 04.07.02 Slamet Riyadi Surakarta. Tugas ini saya buat di tahun 2016 dengan judul “Asuhan Keperawatan pada An.R dengan Gangguan Sistem Gastrointestinal : Typhoid Abdominalis di Ruang Anggrek Rumah Sakit TK.IV 04.07.02 Slamet Riyadi Surakarta”.

DOWNLOAD FILE

Tentunya Karya Tulis Ilmiah ini masih jauh dari kata sempurna, ditambah dengan model dosen dan format yang berbeda di setiap perguruan tinggi. Bagi yang mau jadiin referensi, bolehlah ya… 😳Tapi jangan cuma copas aja ya, tetap kerjakan tugasmu dengan pikiranmu sendiri. Pasti akan lebih memuaskan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa komentarnya😉😘

Wassalamu’alaikum…

PENGALAMAN : Vaksin Cervarix untuk Pencegahan Kanker Servik

0631484-kanker-serviks-780x390

Assalamu’alaikum, …

Kali ini saya mau berbagi cerita mengenai pengalaman vaksin Cervarix. Tahukah kamu apa itu Cervarix ? Cervarix adalah vaksin untuk pencegahan kanker servik. Kanker servik sendiri disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). (Selengkapnya tentang pentingnya vaksin kanker serviks). Sebenarnya vaksin untuk pencegahan kanker servik gak cuma Cervarix, adapula Gardasiil yang lebih lengkap dan lebih mahal pastinya. (Perbedaan Cervarix dan Gardasiil)

deteksi-kanker-serviks-dengan-pap-smear-iva.jpg

Saya adalah seorang perawat (masih baru sih😂), beberapa saudara saya juga perawat. Kebetulan kakak saya ditawari untuk vaksin Cervarik dengan harga lebih murah dari harga vaksin di rumah sakit, yaitu Rp 625.000,- 😱 (karena kalau di rumah sakit kan ada biaya pendaftaran, jasa dokter, dan lain-lain). Karena aku belum menikah, jadi bisa langsung vaksin (gak mungkin kan kalau test IVA untuk perawan, hehehe)😂. Bagi yang sudah aktif berhubungan seksual, wajib IVA test atau papsmear terlebih dahulu. Vaksinnya pun disuntik sendiri oleh kakak saya IM di lengan tgl 13 Januari 2018 (dianggap bulan ke-0). Sakit sih, wajar, makanya lokasinya di muscular (otot). Setelah disuntik besoknya langsung agak bengkak (bulat dan agak keras) dan nyeri, wajar itu. Setelah seminggu nyerinya semakin berkurang dan bengkaknya juga menyusut, tapi benar-benar hilang buletannya hampir sebulan.

Vaksin kedua dikalukan di bulan ke-2 sejak penyuntikan vaksin pertama. Harganya sedikit naik, jadi Rp 650.000,-. Rasanya juga sama , nyeri dan bengkak. Aku suntiknya tgl 13 Maret 2018

Vaksin ketiga diberikan bulan ke-6 sejak penyuntikan vaksin pertama. Jadi aku suntiknya awal bulan Juli (lupa tanggalnya). Harganya masih sama, Rp 650.000,-

Memang vaksin tidak 100% mencegah suatu penyakit. Tapi setidaknya kita sudah berusaha mencegahnya kan. Buat kalian yang masih longgar duitnya, bolehlah ya vaksin juga, tapi di rumah sakit saja biar aman. Banyak kok rumah sakit atau klinik yang menawarkan paket vaksin dengan harga terjangkau 😉

Berikut ini tabel Jadwal Imunisasi Anak 0-18 Tahun menurut rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) 2017. Vaksin apa nih yang belum kamu dapet? Kalau 5 vaksin wajib harusnya udah dong ya😊 Semoga sehat selalu !

jadwal-imunisasi-2

(Selengkapnya tentang Keamanan Vaksin HPV dan HPV untuk mencegah kanker servik )

PENGALAMAN : PERAWATAN SALURAN AKAR GIGI GRATIS

Assalamu’alaikum…

Kali ini aku pengen share tentang pengalaman aku Perawatan Saluran Akar Gigi atau Root Canal Treatment gratis dengan Kartu Indonesia Sehat dari BPJS. Buat kalian yang belum punya Kartu Indonesia Sehat, silahkan daftar di kantor BPJS terdekat di kotamu. Kenapa? Karena Program dari BPJS ini merupakan salah satu program pemerintah, cek hukumnya disini. Cara pendaftarannya bisa dilihat di sini. Kalau kita sakit, kita sudah menyicil pembayarannya. Kalau gak pernah sakit, ya Alhamdulillah, berarti kita membantu masyarakat yang lainnya, khususnya yang tidak mampu😇.

fdi-two-digit-tooth-numbering2

Kembali ke soal gigi. Gigiku memang termasuk gigi yang jelek, karena kata ibuku waktu kecil aku susah disuruh gosok gigi. Dan sekarang aku menyesal karena ada 4 gigi depan yang berlubang, 1 geraham, yang lain ada yang karies. Sekitar tahun 2015 aku udah tambal gigi depanku dengan tambal sementara @Rp 75.000/gigi, kemudian ganti tambal laser @Rp 150.000/gigi oleh drg. Sudaryaka di tempat praktik beliau dan di Klinik Permata Hati. Sampai tahun 2018 ini, gigiku yang udah ditambal sering sakit nut-nutan dan bengkak gusinya (hampir tiap sebulan sekali). Akhirnya dokter menyarankan untuk dicabut. Oh… NO !!!😱😱😱 Aku gak mau pakai gigi palsu. Gigi palsu yang bagus kan mahal, jutaan, masa’ mau pakau gigi kuda?😢

Akar-pada-Gigi

Akhirnya tgl 28 Maret 2018 aku minta rujukan, dari FasKes tingkat 1 dirujuk ke Rumah Sakit Indriati dengan diagnosa Periapikal Abses. Drg. Devi Nindya Kusuma menyarankan untuk perawatan akar gigi. Root canal treatment (atau disebut juga endodontic treatment/ perawatan saluran akar) adalah perawatan yang diperlukan jika pulpa gigi telah terinfeksi akibat lubang besar ataupun benturan keras. Pulpa di dalam gigi tidak dapat sembuh sendiri jika sudah terinfeksi. Disana gigiku langsung dibor lagi (tanpa obat bius, tidak sakit, karena gigi emang udah mati sarafnya), kemudian dikorek-korek dengan semacam jarum lentur biar bersih, dikasih cairan NaO (nguping dokternya pas ngasih mandat asisten, mungkin NaOCl atau apa yang jelas rasanya asin)😂, terus dikasih paper apa gitu untuk mengisi akarnya, lalu ditutup dengan tambalan sementara. Aku dikasih antibiotik Clindamycin 300mg 3×1 dan disuruh kontrol 1 minggu lagi.

1511089_7a91393d-d7f4-4238-8a29-b5759f594a21

K3-gutta-percha-1000x1000

(Protaper : untuk membersihkan lubang. Gutta Percha : untuk isian akar)

root_canal_therapy

Sampai tgl 5 April 2018 aku kontrol, tidak ada keluhan. Gigi kembali dibor, dikorek-korek, dan gigi sudah bersih. Lalu kembali ditambal dengan Kokoa pasta (katanya namanya itu), rasanya kena lidah agak kecut. Setelah itu aku disuruh kontrol lagi minggu depan buat ngerapiin gigi bagian depan (tambalan yang lawas).

komposit

Tanggal 13 April 2018 aku kembali. Sebenernya gak kembali juga gak papa. Kali ini cuma memperbaiki tambalan depan yang udah lama dan mulai menguning, 😂wkwkwk. Fungsinya biar menambah nilai estetis aja😚 Eaaa… Eaaa…

Aturan saat ini, untuk 1 rujukan hanya boleh untuk 1 gigi. Sedangkan 1 gigi untuk root canal treatment membutuhkan sekitar 3x kunjungan ke rumah sakit. Kalau dibayar umum kira-kira butuh 2 jutaan. Tapi aku gratis…tis…tis.. kok, hehehe. Sekarang gigiku udah gak sakit lagi😍😘. Dan dokternya juga nyaranin supaya gigi berlubang yang lainnya segera dirawat.

Terima kasih Drg. Sudaryaka dan Klinik Permata Hati yang telah memberikan rujukan. Terima kasih RS Indriati yang bagus pelayanannya. Terima kasih Drg. Devi Nindya Kusuma yang sabar dan easy going. Terima kasih BPJS.

Ayo manfaatkan fasilitas BPJS !

NB : Gambar saya ambil dari pencarian Google, maaf lupa mencantumkan sumber terperinci. Dan mohon ma’af apabila ada informasi yang kurang benar, silahkan diberi pembenarannya. Hehehe… Terima kasih.

Review : Perawatan Kulit Muka Berjerawat

Assalam’alaikum, udah lama banget gak buka blog. Kali ini aku mau review sedikit tentang skin care yang pernah aku pakai. Tapi saya tegaskan, di sini saya menulis murni dari pengalaman pribadi saya, bukan bermaksud untuk mengiklankan ataupun menjatuhkan suatu produk.😊

Jadi ceritanya, kulitku ini gelap, berjerawat segede biji jagung, dan gak pernah pakai perawatan kulit yang macam-macam😭. Sempat pakai produk whitening dari Wardah dan Garnier, tapi gak cocok, jerawat makin bertambah. Kemudian aku memutuskan untuk mencoba perawatan alami dengan masker putih telur + jeruk nipis (wajah jadi bersih, cerah, halus), masker tomat, bawang putih yang ditempelin ke jerawat (malah bikin panas dan gosong). Tapi semua itu hasilnya kurang signifikan.

Aku coba pakai rangkaian Sariayu Acne Care yang terdiri dari pembersih dan penyegar jeruk, pelembab jeruk (muka tambah berminyak), bedak jerawat (good), facial foam pegagan (cocok banget), masker jerawat, dan belerang untuk totol-totol jerawat dengan sensasi menthol dan menghilangkan gatal pada jerawat (jadi cepet kering, mengelupas bekas jerawat). Tapi semua itu masih belum memuaskan😢. Sampai akhirnya aku pengen coba skin care seperti temen-temenku. Sempat aku baca review di beberapa blog, banyak korban skin care abal-abal sampai bermerk yang wajahnya malah gak karuan setelah pakai krimnya. Tapi ada juga yang jadi putih mulus. Karena aku pengen bebas dari jerawat, akhirnya aku putuskan untuk ke dr. Milany Skin Care.

Klinik kecantikan dan perawatan kulit dr. Milany Skin Care beralamat di Jl. Kanthil Rt 02 Rw VIII, Dompon Karanganyar (belakang Polres Satlantas), Kabupaten Karanganyar. Pertama kali ke sana aku konsultasi dulu dengan dokternya (gak tahu itu dokter umum atau spesialis kulit). Akhirnya aku disarankan untuk pakai facial foam (Rp 35.000), krim pagi KTJ (Rp 30.000) dan krim malam Acne 2 (Rp 45.000) dan disuruh facial Mesotherapy tanpa jarum (Rp 95.000) + Masker peel off (Rp 5.000), tapi facialnya aku ambil seminggu kemudian. Baru beberapa hari pakai saja wajah sudah lebih bersih, jerawat tenggelam😍. Krim habis dalam 2 bulan (irit ya, wkwkwk). Aku beli lagi krim pagi dan malam. Facial foam pakai sariayu pegagan dan bedak jerawat (bedak tabur). Sampai 4 bulan sejak pemakaian pertama krim perubahannya bagus. Bekas jerawat pudar 70%, jerawat berkurang banyak banget hampir hilang semua.

IMG_20180404_120606_073

Berhubung aku modelnya malesan, jadi semakin jarang pakai krim malam (keburu tidur). Akhirnya krim pagi habis, beli lagi, krim malam masih. Tapi wajahku jadi agak bruntusan. Terus aku konsultasi lagi ke dokternya. Katanya sih karena aku gak rutin pakai dan karena aku pakai produk lain juga, mungkin ada zat yang kontra. Kemudian aku dikaih serum acne (Rp 60.000) bentuknya seperti spray tapi isinya gel bening dan bedak tabur dari sana juga (kayaknya Rp 23.000). Gak ada perubahan😣. Akhirnya aku males pakai. Aku pakai cuma pas ingat aja, sekalian proses ‘menyapih’ dari skin care itu. Aku takut ada efek buruk. Karena krimnya polosan, gak ada BPOM, gak ada expired, gak ada komposisi, dak ada label halal. Totalnya sejak pemakaian awal sampai berhenti, aku cuma 8 bulan. Bruntusan semakin banyak😭.
Akhirnya aku baca-baca, aku pun mencoba pakai krim Garnier Acne. Dan COCOK !!! krim pagi Garnier Acne (Rp 15.000), bedak jerawat sariayu (Rp 21.500), facial foam pegagan sariayu (Rp 15.000). Kulit jadi kembali halus walau dalam waktu yang lama sekitar 1,5 tahun. Gak ada lagi jerawat, walau wajah gak bersinar cerah😍.

IMG_20180404_094133

Suatu hari aku iseng browsing tentang dr. Milany Skin Care. Gak kaya’ Ella, Navagreen, Larissa, Natasha, Ellena, ini gak ada satupun review di blog. Mungkin karena belum ada cabang. Aku Cuma nemu blog dr. Milany Skin Care yang sepertinya tak terurus (seperti blogku), dan akun-akun di google+, instagram, fanspage FB. Semuanya kayaknya Cuma distributor. Iseng-iseng, aku chat di IG tanya soal BPOM. Disalah satu akun balasannya, “Ada kak, silahkan datang langsung ke kliniknya.” Di akun yang beda lagi jawabnya, “Gak ada.” Lumayan jutek ya… Pas lagi santai nonton TV di salah satu channel swasta, ada berita soal kosmetik bermerkuri. Sereemmmm….😱 Gua jadi parno lagi. Katanya si TV nih, kosmetik harga cuma ribuan mengandung sekian banyak merkuri, sedangkan kosmetik harga ratusan ditemukan mengandung berkali lipat merkuri dari kosmetik murah tadi. Sungguh mencengangkan. Yang mahal belum tentu aman. Dan aku pun tanya soal krim dr. Milany di alodokter : mungkin saja ini krim racikan dari obat jadi tidak ada BPOM tiap racikannya, melainkan ada ijinnya.”. Ya emang sih, krim dr. Milany Skin Care ada banyak banget jenisnya. Satu krim untuk satu masalah kulit. Ada yang khusus ibu hamil. Temenku yang pakai juga gak ada keluhan apapun. Yang cuma pakai sekali beli pun gak ada masalah.

Akhirnya aku ke sana lagi buat mencerahkan wajah. Dokternya beda lagi. Aku dikasih krim pagi White (Rp 35.000) dan krim malam L0 (Rp 35.000) yang katanya dosis terendah. Mukaku kembali bersih. Tapi begitu pemakaian dihentikan atau tidak teratur, wajah jadi kusam. Wajar, karena pada dasarnya wajahku berkulit gelap. Yang penting sampai sekarang agak ada jerawat segede jagung lagi.
Ini aku kasih foto daftar harga perawatan di klinik dr. Milany Skin Care (2015), mungkin sekarang harga sudah berubah.

 

 

 

 

Milany Skin Care (1-5)
Harga : ⭐⭐⭐ (cukup terjangkau)
Lokasi : ⭐⭐ (kurang strategis)
Pelayanan : ⭐⭐⭐ (cukup baik)
Produk : ⭐⭐⭐ (cukup memuaskan)

 

Sejauh ini gak ada masalah dengan krim dari dr. Milany Skin Care, saya suka saya suka. Namun untuk lebih amannya, mungkin saya akan kembali ke perawatan kulit yang dijual dipasaran. Perawatan kulit tidak harus mahal, yang penting cocok dengan merk yang jelas, BPOM, komposisi, expired, dan label halal bila perlu. Semoga sedikit pengalaman saya ini bermanfaat, khususnya bagi yang sedang berperang dengan jerawat. CANTIK tidak harus putih kok😉
Wassalam’alaikum

Menghilangkan Blacklist Smadav

Halo eperibadeehhh… 😀  Saya mau bagi pengalam abal nih… Mungkin udah banyak yang tahu bahkan lebih perpengalaman dari saya. Tapi saya Cuma mau nyimpen pengalaman ini di blog, kali aja saya butuh lagi, atau ada agan dan sista yang belom tahu. 🙂 Ijinkan saya posting pengalaman abal ini ya… 😀

Ini tentang SMADAV. Beberapa waktu yang lalu smadav saya dianu(?) orang, 😡 😕 terus jadi Smadav Pro itu loh tanpa perlu beli / bayar. :mrgreen: Terus pas diperbaharui versi, eh, berubah jad item tampilannya. Terus saya uninstall, download lagi. Install lagi, eh, sama aja. Kata temen saya sih itu namanya kena blacklist dari sononya. Hmm… Bete deh. Makanya jangan ngelakuin hal illegal, wkwk… :mrgreen:

Ternyata ada cara buat menghapus blacklistnya. Begini nih…

  1. Exit SMADAV RTP (Klik Kanan Tray Icon – EXIT)
  2. Disconnect Internet
  3. Jalankan RUN atau Search programs and files– ketik : regedit
  4. Buka HKEY_CURRENT_USERS/SOFTWARE/MICROSOFT/NOTEPAD deleteblacklistsmadav1
  5. Hapus : IfPitchAndFamily, IfPitch?ndFamily, IfPitch?ndFamily3.deleteblacklistsmadav2
  6. Close Registry Editor
  7. Jalankan SMADAV

Nah, gampang kan ? 😀 Berhubung saya gaptek, nggak tahu keygen-keygenan juga, jadi mending nggak usah diotak-atik kayak gitu deh. 😉 Smadav free aja aku rapopo. 😥 :mrgreen: Wkwk. Sekian pengalaman abal dari saya. 😎 READ : Untuk simpanan pribadi, No comment ! 😛

Thanks to the source 🙂 🙂 🙂

Paket Smartfren 2015

Barusan saya beli pulsa Rp 10.000,- (ceritanya paketan unlimited 50 ribu gue habis, lagi bokek gituu 😆 ) Rencananya mau maketin yang 1 minggu/250 MB. Eh, gua klak klik klak klik kagak bisa 😥 . Balesannya cuma kayak gini :

Fullscreen capture 4182015 12933 PM

Katanya disuruh ke http://www.smartfren.com/ina/ , 😕 tapi karena ane gaptek dan gagal paham, ya gak nemulah. wkwkkw… :mrgreen:

Terus ane browsing lagi, bla bla bla, masuk ke http://www.smartfren.com/ina/connex/ baru ketemulah cara pemaketan yang baru. Seperti ini pemirsa :

volume based

volume based auto renewal

add on volume based auto renewal

unlimted dan booster

post paid unlimited

Itu hasil screenshoot aja sih. Lebih jelasnya mending kamu langsung berkunjung ke web resminya SMARTFREN atau mentionan sama kakak-kakak unyu ^^’ di SmartfrenCare. Thankiss 😉

TES IQ 30 MENIT

Hai, hai, hai… Kali ini saya mau ngasih aplikasi buat tes IQ. Kalo boleh tahu, IQ kamu berapa guys ? Dulu waktu saya masuk SMP IQ-nya 130. Pas masuk SMA IQ-nya 110. Barusan ngecek eh, mlorot lagi jadi 97. 😦 Kayak mainan anak TK aja perosotan. Download disini 

Mau tahu tahu IQ kamu ? Download disini Cuma butuh waktu 30 menit untuk mengetahui berapa Intelegency Quotient kamu saat ini lho. Tapi masalahnya, nih aplikasi in English meennn… 😀 Jadi kalo gak ngerti sama sekali, silahkan lambaikan tangan ke kamera ya… Wkwkwk 😛 😛 😛
Link tes IQ lainnya :
http://www.iq-test.cc/ Kalo pakek ini IQ-ku 103 (cerdas)
http://www.quickiqtest.net/ Kalo pakek ini IQ-ku 117 (cerdas)
http://www.arealme.com/iq/id/ Kalo pakek ini IQ-ku 120 (cerdas), EQ-nya 80 (rendah), usia mentalnya 29 (9 tahun lebih dewasa dari usia sebenarnya).
IQ test
Deni Estu Utami, Your IQ score is- 103 2015-04-05 11-32-23
iq 117
iq
eq
usia
kerja
Berapapun hasilnya, jangan berbangga maupun berkecil hati. Tidak sepenuhnya benar dan dapat berubah sewaktu-waktu. 🙂 😉
Itu hasilku. Mana hasilmu ? 😀
Jangan lupa share di facebook or twitter ya gaeesss !!! 😉 Thanks

Previous Older Entries